Me, My life, My Everything

Me, My life, My Everything
An industrial engineer!

Jumat, 18 Januari 2013

Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah suatu ilmu atau kegiatan bagaimana seharusnya manusia (marketing) untuk menunjukan segala sesuatu yang dimiliki agar seseorang mengerti tentang sesuatu yang kita miliki dan sebisa mungkin menjadikan seseorang tertarik kepada objek yang kita tawarkan.Manajemen pemasaran akan terjadi apabila sekurang-kurangnya satu pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai dengan yang diinginkannya. Dengan demikian, manajemen pemasaran dapat diartikan juga sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi (Kotler, 1997). Definisi ini mengakui bahwa manajemen pemasaran adalah proses yang melibatkan analisa, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian yang mencakup barang, jasa dan gagasan yang tergantung pada pertukaran dengan tujuan menghasilkan kepuasan bagi pihak-pihak yang terkait. Suatu perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya harus efisien menjalankan konsep pemasaran agar keuntungan yang diharapkan dapat terealisasi dengan baik. Ini menandakan bahwa kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasi dan dikelola dengan cara yang lebih baik.Secara definitive dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran adalah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomis dan social bagi kelangsungan hisup perusahaan (Swasta, 1996). Dari definisi tersebut, perusahaan memiliki konsekuensi seluruh kegiatan perusahaan harus diarahkan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan mampu memberikan kepuasan agar mendapat laba dalam jangka panjang. Organisasi perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran ini disebut organisasi pemasaran. Dewasa ini konsep pemasaran mengalami perkembangan yang semakin maju sejalan dengan majunya masyarakat dan teknologi. Perusahaan tidak lagi berorientasi hanya pada pembeli saja, akan tetapi berorientasi pada masyarakat atau manusia. Konsep yang demikianlah yang disebut dengan konsep pemasaran masyarakat.

Proses pemasaran
Untuk melaksanakan tugasnya manajer perusahaan melaksanakan proses pemasaran. Menurut Kotler, et. al (1994) : Proses pemasaran terdiri dari analisis pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang proses pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran. 
·         Menganalisis Peluang Pasar
      Tugas pertama yang dihadapi manajemen pemasaran adalah menganalisis peluang jangka panjang dalam pasar suatu produk. Untuk mengevaluasi peluangnya, perusahaan perlu memiliki sistem informasi pemasaran yng handal. 
·         Meneliti dan Memilih Pasar Sasaran Serta Menerapkan Posisi Penawaran
Sekarang perusahaan siap untuk meneliti dan memilih pasar sasaranya. Perusahaan perlu tahu cara mengukur dan memperkirakan daya tarik suatu pasar. Perusahaan perlu memikirkan ukuran pasar keseluruhannya, pertumbuhannya, tingkat labanya dan resikonya. Pemasar harus memahami teknik utama untuk mengukur potensi pasar dan memperkirakan di masa datang.
·         Merancang Strategi Pemasaran
      Seandainya perusahaan menentukan suatu pasar sebagai sasarannya, perusahaan perlu membuat strategi pembedaan dan penentuan posisi untuk pasar sasaran itu. Apakah perusahaan perlu menawarkan produk yang lebih baik dengan harga yang lebih mahal dan pelayanan sangat baik, diiklankan secara luas dan diarahkan pada rumah tangga kaya? Atau perusahaan membuat produk yang murah yang diarahkan pada rumah tangga yang lebih peka terhadap harga? Perusahaan dapat  membuat peta penentuan posisi produk untuk menunjukkan posisi pesaing yang menjual di pasar.

Referensi
Winardy. 1981. Manajemen Pemasaran. Bandung : CV Sinar Baru
Purwadi, Budi. 2000. Reset Pemasaran Implementasi dalam Bauran Pemasaran. Jakarta : Graznido
Rangkuti, Freddy. 1997. Riset Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama



Tidak ada komentar: